Senin, 28 September 2015

Present Perfect Tense

Telah mahir simple present tense dan present continuous tense, sekarang kita akan belajar tentang present perfect tense.

Ingat ya, untuk menguasai bahasa Inggris kita harus rajin berlatih. Pokoknya berlatih, berlatih, dan berlatih. Praktek, praktek, dan praktek. Perlu diketahui,dalam  tenses yang PERFECT TENSE, kita akan selalu menggunakan VERB 3

PRESENT PERFECT TENSE dipakai untuk menyatakan sesuatu yangsudah terjadi dan sekarang sudah selesai, tidak terjadi lagi.Misalnya:Saya sudah makan, Saya sudah selesai, Saya sudah mengajar anda selama 3 bulan(sekarang saya sudah tidak mengajar anda lagi).

Dalam kalimat ini kita menggunakanSUBYEK + have/has + V3. Ingat yang kita pelajari pada kata kerja. Untuk melihat daftar IRREGULAR VERBSanda bisa lihat di sini atau di sini Untuk THEY, WE, I, YOUkita tambahkanHAVE + VERB 3 (Past participle), contohnya:1.Theyhaveeaten.2.Wehavelived in Jakarta for 3 years.3.Ihaveseen him.4.Youhaveknown.sedangkan untukSHE, IT, HE, kita tambahkanHAS + verb 3 (Past participle). Contohnya:1.Shehasselesai/Diasudahselesai2.The cat has died/Kucing itutelahmati3.Hehaspassed the examination/Diasudahlulus ujianJadi, dalam kalimatPRESENT PERFECT TENSE, yang kita tekankan adalahSUDAH/TELAH. Di sini kita tidak menggunakan waktu lho. Ingat ya,JANGAN MENGGUNAKAN KETERANGAN WAKTU LAMPAUpadaPRESENT PERFECT TENSE. Karena yang di tekankan di sini adalah padaSUDAH/TELAHsuatu kejadian.Bagaimana dengan kalimatNEGATIVEdanINTERROGATIVEnya?Sebenarnya polanya hampir sama dengan pola yang ada dalam simple present tense atau present continuous tense. Dalam membuat kalimat NEGATIVE,NOTdi letakkansetelah HAVE/HAS. Contohnya:1.Ihave notfinished my work.2.Shehasnot eaten.3.Theyhavenot collected their files.KataHAVE NOT/HAS NOTbisa di singkat menjadiHAVEN’T/HASN’T. Untuk membuat kalimat yang berartiBELUM, kita tinggal menambahkan kataYETdi belakang kalimat. Contohnya:1.Ihaven’tfinished my workyet/Sayabelummenyelesaikan pekerjaan saya.2.Shehasn’teatenyet.3.Theyhaven’tcollected their filesyet.Ternyata segampang itu? Ok, sekarang kita akan membuat kalimat INTERROGATVE, ya?1.Haveyou finished your work? Yes, Ihave/No, I haven’t/Not yet2.Hasshe eaten? Yes, he has/No, he hasn’t/Not yet3.Where have you finished your study? University of LampungKalau sudah, sekarang tinggal latihan ya? Saya harap anda semua bisa konsisten untuk latihan sendiri. Yaaah, minimal membuat 5 kalimat per hari dengan lima kata yang baru. Saya juga punya soal latihan yang bisa Anda lihatdi sini. Semoga kita cepat menguasai bahasa Inggris asyik kan? Praktek, praktek, dan praktek. Kalau sudah mahir kita bisa melanjutkan pada the next lesson present perfect continuous tense.
Terima kasih ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar