Senin, 10 Agustus 2015

How to tell the TIME

Cara Membaca Waktu Dalam Bahasa Inggris
 – What time is it? Jika ada yang menanyakan pertanyaan ini bagaimana cara kamu untuk menjawabnya? Bagaimana jika kamu tidak mengerti cara membaca jam dalam bahasa inggris? Ada banyak tata cara dalam penanda waktu bahasa inggris. Dalam artikel saya kali ini kalian akan belajar tentang jam atau waktu.

Mengetahui cara menyampaikan waktu atau jam merupakan salah satu materi belajar bahasa inggris untuk pemula. Kita harus mengerti tentang materi dasar ini. Jangan sampai ketika kita sedang melakukan percakapan bahasa inggris dengan orang lain dan kita tidak mengerti ketika ditanya jam berapa. Untuk kamu yang sedang ingin mempelajari materi tentang “time”. Jangan khawatir untuk itu. Karena saya akan membagikan pembelajaran tentang ini. Berikut ini cara menyampaikan waktu dalam bahasa inggris yang sudah saya siapkan.

Cara Membaca Jam Atau Waktu Dalam Bahasa Inggris

1. Cara Formal.Cara berikut ini harus digunakan dalam situasi formal. Seperti saat kita berbicara dengan orang yang tidak dikenal, orang yang lebih tua, atau atasan kita. Berikut adalah cara menyampaikannya :

Contoh:
3:52 – Three fifty-two
9:15 – Nine fifteen
1:40 – One forty

Untuk menit dari 01 sampai 09 kita dapat mengucapkan dengan ‘oh’ atau dibaca ‘O’

Contoh:
10:04 – Eleven ‘oh’ four

Advertisement

2. Cara Informal

Biasanya cara cara ini digunakan ketika kita sedang berbicara tentang waktu dengan sahabat, atau orang yang sudah kita kenal dekat.

Cara ini digunakan dengan cara mengucapkan MENIT terlebih dahulu, baru kemudian JAM. Lalu menggunakan kata “Past” untuk menit 01 sampai 30.

Contoh:
4:14 – Fourteen past four (jam 4 lewat 14 menit)
3:20 – Twenty past three (jam 3 lewat 20 menit)
5:21 – Twenty-one five past five (jam 5 lewat 21 menit)

Untuk menit dari 31 sampai 59 maka mengunakan ‘TO’. Untuk bagian menit yang diucapkan yaitu bagian menit yang kurang untuk ke jam berikutnya. Contohnya, jam 2:50 bukan disebutkan fifty to three, melainkan ten to three.

Contoh:
6:45 – Fifteen to seven (Jam 7 kurang 15 menit)
7:55 – Five to eight (jam 8 kurang 5 menit)

Berikut cara lain saat menggunakan ‘PAST’ dan ‘TO’.

Jika 30 menit = Half
Jika 15 Menit = a Quarter

Contoh:
7:15 – a quarter past seven
5:30 – half to six

Jikka kalian menyebutkan waktu yang tepat gunakan kata o’clock

Contoh:
7:00 – Seven o’clock = jam tujuh tepat.

Demikian cara membaca waktu dalam bahasa inggris yang sudah saya berikan;. Semoga dengan artikel ini kamu dapat tahu cara membaca jam dalam bahasa inggris. Sehingga jika ditanya jam berapa atau what time is it? kamu dapat menjawabnya dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar