Rabu, 13 April 2016

Cara menyusun Adjective dengan benar

Penyusunan kalimat yang terdapat kata sifat (Adjective) memang sering membingungkan bagi para siswa, diharapkan di materi kali ini penjelasan disini bisa membantu. ADJECTIVES IN SERIES dalam penyusunannya terdapat 3 bentuk komponen, yaitu : Opinion Adjective, Descriptive Adjective dan Noun.

Contoh :

ADJECTIVES IN SERIES
Dalam penyusunan ADJECTIVES IN SERIES, kita perlu memahami terlebih dahulu kata apa saja yang termasuk Opinion Adjective, Descriptive Adjective dan Noun.
Seperti pada contoh, bahwa Opinion Adjective adalah kata sifat yang mengacu pada pendapat. Descriptive Adjective mengacu pada deskripsi atau gambaran, sedangkan Noun /kata Benda adalah yang dijadikan Object pada susunan kalimat.
Jelasnya seperti ini, Beautiful small girl (Dalam bahasa indonesia : Gadis kecil yang cantik). Nah, gadis kecil disini merupakan kata benda, yang merupakan Object dari kata sifat cantik. Perlu di ingat bahwa ADJECTIVES IN SERIES ini bersifat kalimat pasif.

Berikut adalah tabel dari ADJECTIVES IN SERIES.

Tabel Kata Sifat
Perhatikan Tabel.!
Kesalahan umum pada penyusunan kata sifat adalah pola kalimat. Pada tabel di atas susunan yang di maksud adalah, bahwa kata sifat Opinion Adjective diletakkan pada awal kalimat. Pada contoh diatas seperti ; lovely/nice, expensive, good, pretty. Kemudian dilanjutkan Descriptive Adjective. Pada tabel terdapat susunan yang cukup rumit jika kita belum memahami mengenai Descriptive Adjective. Sesuai susunan pada tabel di atas adalah sebagai berikut :
1. Size (Ukuran)
2. Shape (Bentuk)
3. Age (Umur/kondisi)
4. Colour (Warna)
5. Origin (asal)
6. Material ( bahan)
7. Noun (Kata Benda)

Jika salah satu tidak ada, lanjut ke susunan yang lain. Sehingga kita menyesuaikan kalimat yang akan kita bentuk. Contoh : Rumah kecil yang tua dari batu putih berbentuk persegi yang cantik (Pretty small square old white stone house).

Nah, bagaimana mudah bukan. Memang untuk memahami lebih dalam, kita perlu banyak latihan membuat kalimat sifat seperti diatas. Tetap semangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar