Rabu, 01 Juni 2016

Bedanya Salaamun 'Alaikum dengan Assalaamu 'Alaikum

ada temen yang tanya salam yang bener itu yang mana di antara Salaamun 'Alaikum dengan Assalaamu 'Alaikum?

Uraian di bawah ini semoga bisa membantu :

قَالَ سَلَـمٌ عَلَيْك َسَأَسْتَغْفِرُ لَكَ رَبِّي إِنَّهُ كَانَ بِى حَفِيّاً

“Berkata Ibrahim : Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu; aku akan meminta ampun bagimu kepada Rabb-ku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku” (QS. Maryam : 47).

[سَلام] = dalam bahasa Arab merupakan isim nakirah yang berarti keselamatan.
[السَلام] = dalam bahasa Arab merupakan isim makrifah yang juga berarti keselamatan.
Beda dari dua kata di atas adalah penggunaan huruf Alif dan Lam; yang bila dalam bahasa Inggris sama dengan penggunaan kata “The” di awal Noun.

Antara kata سَلام dan السَلام secara makna tidak berbeda.

Dalam ayat lain disebutkan :

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّواْ بِأَحْسَنَ مِنْهَآ أَوْ رُدُّوهَآ

“Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik, atau balaslah (dengan serupa).” (QS. An-Nisaa’ : 86).

Dalam beberapa hadits shahih telah dijelaskan beberapa lafadh salam, diantaranya :
-As Salaamu ‘alaikum
-As Salaamu ‘alaikum warahmatullah
-As-Salaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh (dan yang ini merupakan lafadh salam yang paling sempurna secara lafadh dan dalil).

Jumlah hadits yang menerangkan hal tersebut adalah sangat banyak. Dan dalam hal pengamalan, merupakan suatu yang telah mutawatir a’maly. Salah satu contoh hadits yang menyinggung tentang salam tersebut adalah :

عن عمران بن حصين قال جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال السلام عليكم فرد عليه السلام ثم جلس فقال النبي صلى الله عليه وسلم عشر ثم جاء آخر فقال السلام عليكم ورحمة الله فرد عليه فجلس فقال عشرون ثم جاء آخر فقال السلام عليكم ورحمة الله وبركاته فرد عليه فجلس فقال ثلاثون

Dari Imran bin Hushain radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : “Seseorang datang kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam dengan mengucapkan Assalaamu ‘alaikum, maka Rasul menjawabnya kemudian ia duduk, dan beliau bersabda : Sepuluh. Kemudian datang lagi orang lain dan mengucapkan Assalaamu ‘alaikum warahmatullaah. Maka Rasulullah menjawabnya dan orang itu duduk. Maka Rasulullah bersabda : Dua Puluh. Kemudian datang lagi orang ketiga seraya mengucapkan : Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Maka beliau menjawab, lalu orang tadi duduk. Rasulullah bersabda : Tiga Puluh”. (HR. Abu Dawud nomor 5195 bab باب كيف السلام).

Maka, pengucapan salam yang paling baik dan sempurna adalah dengan ucapan Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Selain itu kita juga diperintahkan Allah untuk menjawab/membalas suatu penghormatan (salam – karena salam merupakan suatu penghormatan) dengan lebih baik atau sama.

Wallahu A'lam Bis Showaab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar