Minggu, 22 Mei 2016

Being a New Mom

'Seiprit' tulisan ttg new mom...
By: Nurul Pramesti

Yang dulu sebelum menikah mungkin pernah memimpikan untuk jadi 'hot mom'. Yang sebelum kenal dan merasakan 'indah sekaligus hebohnya jadi ibu baru'. Melihat ibu-ibu yang berbodi lebih subur akan berbisik dlm hati, kayaknya entar bisalah nurunin dan gak sampe segitunya. Atau yang melihat para ibu yang setia dg dasternya, otomatis mikir 'ah entar bisa lah rada modis dan bukan termasuk ibu yang sukanya kewer2 pake daster' epridey.
Ngeliat ibu yang nyuapin anak dg a b c langsung mendadak jadi ahli gizi anak dan langsung ikut ngeblacklist kalo itu gak ada gizinya samsek. Ih anak q entar gak gitu2 banget deh, aduh masa anak nangis didiemin ajah, aduh masa anaknya ngacak2 barang emaknya cuek, aduh anaknya jorok banget emaknya kemana sih, dan sederet kata-kata sok expert lainnya.

Sekarang depan kaca, sedang melihat dg seksama... Merasa kurang terawat, yang dulu bisa nenteng ukuran baju S ke fitting room dan sekarang XL. Apah?! Iya XL.. Anak dg keistimewaan yang berbeda dg segala macem bab yang kadang bikin emaknya galau. Yang dulu gak kepikiran ini itu mendadak banyak banget yang dipikirin. Tenang ibuuuk2...Inhale exhale....(bayangin lagi meditasi yoga kaya mbak sopialajuba,,,heheee)

Hellouw.... guru yang sedang menempamu sekarang bernama 'realita' saudara saudara,,,,(berasa ada toak mesjid yang langsung neriakin ditelinga).

Buat masalah size ini nih yang paling bikin miris. Tapi sekaligus menggambarkan sedalam apa mindset yang ngomentarin juga, tenang aja...Dalam artian sedangkal itu dia ngeliat jatoh bangunnya seorang ibu buat belajar menyelami hidup barunya. Si ibuk ini cuma bisa Pasang muka kalem tetep senyum dan berusaha bersahabat dg kata-kata yang terdengar indah itu.
Kualitas tidur, baju daster yang entah bau cem-ceman nenek moyang abad ke berapa.. Hahaa, rambut entah kapan sisiran, jadwal mandi, sholat yang rasanya berpacu ama kamtib, rumah yang awut2an buat yang tanpa irt ato ortu, perhatian ke suami yang minim, masih banyak lagi kado indah yang luar biasa kita nikmati di fase ini.

Apa kabar dg siang dan malam, kelap-kelip cafe yg dulu rajin jadi tempat tongkrongan, suasana bioskop yang gampang qt nikmatin hampir tiap minggu,,,mbak2 tempat spa yang seolah dadah2 buat emak buluk ini,,,itu semua apa kabar?? qt yang lagi leyeh2 ngelonin anak tapi liat temen2 yg pada traveling entah uda nyampe belahan dunia sebelah mana dg pencapaian yang luar biasa juga. Lah si emak ini cuma bisa ngider di rumah dan paling mentok di halaman depan.

Bisa nikmatin udara diluar rumah aja uda alhamdulilah ya ebok-eboook?! Kluar rumah alasan beli pampers ato judulnya hangout padahal cuma mlipir ke minimarket deket rumah. Ke babyshop itu uda jadi destinasi yang sangat menghibur. Semua sedang amat kita nikmati sekarang.
Oh fase hidup yang ini...
Guru terbesar yang kita gak sadar uda kontrak mati sepaket sejak si misua berjabat tangan dg si bapak di hari itu. Warbiasak! Jaoh kalo dibandingin kontrak sinetron striping yang tanpa ending di tipi.

Tapi ngeliat anak dengan segala tingkahnya, itu semua terbayar,,, berlipat! Sampai sekarang masih gak percaya ini 'anakku'. Puluhan lembar buku gak bakal cukup buat menggambarkan takjubnya kita ttg 4 huruf itu... A n a k ,,, subhanallah...

Rasanya banyak banget yang pengen ditulis, dan saya yakin setiap ibu bakal punya pembelajaran dan pengalaman sendiri2 di rumah tangganya masing2. Tapi sekaligus yakin banyak hal yang sudah berubah, jadi amat luar biasa,, tidak lagi sedangkal pemikiran qt yang dulu,, pengalaman dan pembelajaran intensif yang mencapai SKS unlimited ini sudah mengubah banyak hal buat qt semua. Dan itu tidak terukur dg nominal berapapun.
Masalah2 lucu yang bikin gemes sekaligus bikin ketawa, nikmatnya gemes ke anaknya juga ke bapaknya, hahaaa...
Berpacu dg segala yang mungkin belum berlebih, baru belajar untuk menata, tapi sekaligus berpacu dg kebutuhan yang antri dan minta segera di check list.
Disaat itu juga harus kita bungkus dg bergumam 'semua akan dan pasti baik-baik saja'
Kata-kata indah, puisi, uda banyak banget yang didedikasikan untuk ibu. Dan semua sudah sangat luar biasa.
Tulisan sederhana yang apa adanya kali ini semoga mengukuhkan setiap dari kita bahwa barisan ibu2 hebat yang terus belajar akan bertambah rapat. Merapatkan Niat untuk memperbaiki diri. Mempersembahkan kualitas yang terbaik dari yang bisa kita lakukan. Ibu yang dengan luasnya membuka lembar hati dan pikirannya untuk terus bisa berislah.
Setiap jerih payah yang kau anggap ibadah akan jadi persembahan yang paling indah seumur hidup. Untuk jadi hamba terbaik mungkin belum dpt kau tuntaskan, namun dg  ini setidaknya nilai hamba sudah kau usahakan. Pada akhirnya Kristalisasi doa dan ihtiyar akan berbuah manis. Dititik, dimana pencapaian2 besar yang kau idamkan di hari ini akan jadi barisan syukur yang justru melebihi espektasi di suatu hari nanti. Amin ya Robb,,,
Percayalah setiap pergerakan tindakan, hati, dan pikiranmu adalah doa, ihtiyar sekaligus jihad yang tak berkesudahan. Ribuan malaikat bersamamu, menemani disetiap langkahmu. Mengajak dg penuh hikmat untuk bertemu dg dzat yang maha sgalanya,,, dititik itu, diruang dan waktu yang tidak terbatas,,,
'Di sajadah yang selalu ingin kau sapa,,,disetiap rasa dan nikmat yang beradu,,,
Pada Robb mu'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar