Senin, 16 Mei 2016

Busy Book Buatan Sendiri

Busy Book

Tau busy book, kan? Iya, busy book atau quiet book atau kadang juga disebut activity book itu loh. Buku yang bisa bikin anak-anak sibuk sendiri dengan berbagai macam kegiatan di dalamnya.

Busy book bisa dibuat dari kain, baik itu kain flanel maupun kain biasa. Selain kain, busy book juga bisa dibuat dari bahan kertas yang tebal. Kalau teman-teman mencari busy book berbahan kertas, saya menyediakannya. Hihihi, promosi. Bisa lihat produknya disini, dan itu limited ya. Tapi kalau yang berbahan kain, saya baru bisa membuatnya untuk anak sendiri. Not for sale. Wkwkwk.

Saya mau share busy book yang berhasil saya buat. Ini buatnya dengan penuh perjuangan lho. Pertama, berjuang melawan kemalasan, karena bikin busy book ini jelas-jelas menyita waktu. Saya ya mikirnya dulu begini, beli aja kenapa sih, kok repot. Hahaha. Tapi, bisa buat busy book sendiri untuk anak itu…awesome.

Kedua, bikin busy book itu ribet. Untuk tipe perfeksionis kayak saya, maunya ya perfect kayak yang di pinterest itu. Dijahit satu-satu. Alamaaak! Berapa tahun baru jadi entar. Jadi, saya mengandalkan lem-leman saja lah. Lagi pula, saya belum pandai menjahit. Ngga berani bergaya buat jahit-jahit ekstrim. Yang dasar aja belum bisa lurus.

Ketiga, buatnya musti bebas interupsi. Anak masih belum bisa lepas lama-lama dari emaknya nih. Jadi, kerjasama dengan suami itu penting. Pakai jurus andalan : “Mas, ini demi anak-anak kita, dan agar mesin jahit yang Mas belikan untukku tidak sia-sia,”. Hihihi.

Nah, mari kita mulai membuat busy book-nya.

Bahan & Alat :

Kain flanel warna
Kain keras (saya pilih yang paling tebal)
Lem (bisa pakai lem khusus kain atau lem tembak)
Aneka kancing
Resleting kecil
Velcro
Pita satin berbagai ukuran
Benang jahit & benang sulam
Magnet kecil
Ring
Aneka manik-manik
Gunting
Jarum jahit
Pensil pola
Penggaris
Solder
Mesin jahit
Pertama, potong-potong dulu kain flanel dan kain kerasnya. Saya pakai kain keras ini untuk lapisan dalam, supaya agak kaku bukunya. Lebih oke sih kalau menurut saya daripada ngga pakai lapisan. Nah, yang saya buat ini, ukurannya 20×20 cm.

Yang putih itu kain keras ya.
Kedua, tentukan isi aktivitas dalam busy book-nya. Teman-teman bisa cari ide dari pinterest. Bejibun! Dan asli, keren-keren. Kalau sudah ketemu mau buat apa, lebih gampang in syaa Allah.

Ketiga, ya langsung dibuat aja. Kalau ngga mau ribet jahit menjahit, andalkan lem. Bisa pakai lem uhu, lem khusus kain, atau lem tembak. Ini perlu try and error ya…mengingat kekuatan lem beda-beda. Sampai sejauh ini, saya belum nemu yang hasilnya benar-benar perfect sesuai harapan saya.

Kok pakai solder? Hihihi, iyaa…itu buat bolongin kainnya. Supaya bisa masukin ring. Saya baru tau kalo solder berguna juga buat ibu-ibu macam saya inih. Selain buat bolongin plastik, solder juga bisa buat bolongin kain.

Ring yang bisa dibuka-tutup
Untuk menyatukan masing-masing lembaran busy book, saya pakai ring. Ini ada berbagai jenis ukuran. Saya pakai yang ukuran sedang, muat untuk kira-kira 10 lembar.

Contoh lain hasil busy book buatan saya:

Mengikat tali sepatu dan membuat rantai flanel

Counting apple dan memancing

Sorting warna pakai kancing gede

Naah itu dia. Belum jadi semuanya sih. Rencana masih mau nambah lagi in syaa Allah. Anda juga bisa membuat sendiri di rumah lho! Semangat ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar