Selasa, 17 Mei 2016

Membuat Rainbow Rice untuk Kolase

MEMBUAT RAINBOW RICE UNTUK KOLASE

Anakku sedang senang-senangnya membuat kolase. Seringnya sih, pakai kertas atau wool. Agak bosan juga mungkin dia ya. Karenanya saya coba mencari ide lain untuk bahan kolase. Pernah pakai serbuk gergaji, tapi baunya agak kurang sedap. Apa mungkin karena jenis kayunya saya juga kurang faham. Lalu apa lagi ya?

Saya pun mulai browsing sana-sini. Lihat juga beberapa catatan kegiatan teman di blognya. Sampai kemudian saya melihat artikel tentang rainbow rice alias beras pelangi. Hihihi, agak lucu ya kalau disebut beras pelangi. Teman saya juga pernah membuatnya, tapi bukan untuk kolase. Melainkan untuk permainan mengenal warna saja pada anaknya. Dan selanjutnya dipakai untuk pengganti mainan pasir. Hmm…tak ada salahnya saya coba membuat juga, tapi rainbow rice ini saya utamakan untuk membuat kolase Anak dulu. Kalau sisa, terserahlah mau dipakai apa lagi olehnya.

Bahan-bahan :

beras 1/4 kg
pewarna kue

Cara membuat :

Bagi beras menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah warna yang diinginkan. Misalnya ingin membuat 5 warna, maka berasnya dibagi 5 bagian.
Tetesi masing-masing bagian beras dengan pewarna kue.
Aduk-aduk hingga warnanya merata.
Jemur atau angin-anginkan sebentar.
Rainbow rice yang sudah kering siap digunakan untuk kolase.
Nah, aplikasinya untuk kolase, kita buatkan gambar atau gunakan cetakan kayu untuk kolase di atas kertas yang tebal. Setelah itu beri lem yang rata pada gambar yang diinginkan (kami menggunakan lem FOX). Setelah lem rata di permukaannya, taburi dengan rainbow rice.

Selamat mencoba di rumah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar