Rabu, 25 Mei 2016

Kreasi Topi dari Daun

MEMBUAT KREASI TOPI DAUN

Beberapa waktu lalu, anak saya minta dibuatkan topi. Sebelumnya, saya pernah membuatkannya “topi koki” dari karton dan manila. Dan sayangnya baru sebentar dipakai sudah sobek. Hehe, maklum anak-anak ya. Dan ketika si kecil minta dibuatkan lagi, he…topi seperti apa ya?

Maka ide itu terlintas saat saya sedang menyapu di pagi hari. Kebetulan, di depan rumah saya ada pohon rambutan yang cukup rindang. Daunnya banyak berguguran. Topi daun! Ya…saya mau mencoba membuat topi/mahkota daun untuk anak-anak. Apalagi keysha suka sekali main peran menjadi putri atau bahkan prajurit. Hmm…

Saya pun mencari gambar-gambar contoh topi / mahkota daun di google. Sayangnya, di rumah tak ada daun yang warnanya bisa secantik ini. Hehe…
Yang ini cukup mudah ditiru. Tapi, daun yang hijau nampaknya lebih keren…

Nah, sudah siap membuatnya? Yuk, kita mulai kerjakan sekarang !

Alat dan bahan :

Kertas karton
Kertas manila putih (atau warna sesuai selera)
Kertas asturo warna (jumlah warna sesuai kebutuhan)
Penggaris
Gunting
Pensil
Double tape / lem
Beberapa helai daun
Cara membuat :

Ambil kertas asturo warna, dan buat pola bunga atau bintang dengan menggunakan pensil. Potong sesuai pola yang sudah Anda buat, sisihkan.
Ambil kertas karton, buatlah pola persegi panjang dengan ukuran panjang dan lebar sesuai dengan lingkar kepala anak. Gunting.
Buat pola persegi panjang yang sama dengan menggunakan manila putih, namun masing-masing panjang dan lebarnya ditambah sekitar 4 cm. Gunting.
Rekatkan kertas karton pada manila putih. Sehingga karton menjadi lapisan dalam topi agar tidak mudah sobek.
Hias dengan daun dan hiasan bunga/bintang dari asturo warna.
Topi/mahkota siap dipakaikan di kepala si kecil! Sesuaikan lagi ukuran lingkar kepalanya ya!

Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar